Mengejar Karya Ilmiah

Kamis, 07 Juni 2012

Waktu telah menunjukkan jam 5 sorean lewat. Dan saya masih belum puas dengan yang saya dapatkan sejauh ini di internet. Oke, koneksi di warkop ini memang bagus (dan es tehnya enak, tapi kemanisan), tapi tak secepat yang saya mau.

Saya bertandang ke warkop ini, bersama laptop ku yang usang tapi masih kuat ini, untuk mencari bahan demi manyusun karya ilmiah yang terasa kian hari, kian menjengkelkan. Ditambah badan yang terasa lengket karena berkeringat dan berdebu (berlumut pula), juga karena belum mandi sore (dan belum sikat gigi dari tadi pagi), maka kepenatan saya lengkaplah sudah. Muak, semuat muatnya.

Karya ilmiah yang ingin saya susun ini adalah dalam rangka memenuhi tugas yang diwajibkan kepada seluruh anak Pendidikan Bahasa Arab, untuk mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar, dalam rangka memenuhi nilai Mid Semester yang Ditiadakan. Dosen Ilmu Alamiah Dasar kami jadi kian dibenci (sangat), karena tugas ini. Segembira apapun kami di kelas, ketika tugas ini disebut oleh salah seorang, tiba-tiba hilanglah semua senyum dan tawa, digantikan mendung kelabu dan umpatan tertahan, dari jurang hati paling dalam kami (sungguh lebay, tapi benar). Sekatika itu pula kami lunglai. Namun tugas ini tak juga selesai.

Dengan inisiatif tersendiri dan semangat secukupnya, saya memutuskan untuk bergerilya, mengerjakan tugas ini diam-diam (sangat diam), toh ini adalah tugas individu. Sungguh-sungguh merepotkan perasaan dongkol ini. Tidur tak nyenyak, makan tak enak, nonton upin-ipin pun tak khusuk. Sudah seperti oarang diputuskan sama pacarnya, padahal lamaran pernikahan telah diajukan. Galau tak terkira-kira.

Saya memilih tema seputar "Game" untuk karya ilmiah ini. Kebetulan saya adalah penggila game. Saya ingin tahu, bagaimana pendapat mahasiswa pada umumnya perihal game ini. Dan lagi, Mereka pulalah yang saya ingin teliti. Cukup dengan angket yang saya sebar di 3 grup populer di Fb, dan 1 grup tidak populer (sungguh sedih, itu grupku). Saya berharap hasil yang saya dapatkan cukup. Betul-betul berharap.

Nah. Di warkop ini, saya sudah download beberapa artikel mengenai game. Saya terpikirkan, apa itu sebenarnya defenisi game dalam bahasa indonesia? Saya tak menemukan nya di kamus besar bahasa indonesia, karena ini kata inggris. Mungkin saya harus mencoba kata permainan, arti harfiah paling mendekati dari game. Entahlah.

Dan juga, saya dengan getolnya mencari panduan penulisan karya ilmiah. Saya sangat bego karena tidak menyimpan apapun dari materi KIR (Karya Ilmiah Remaja), sewaktu saya mengikuti pelatihannya di Makassar 4 tahun lalu. Yang saya masih simpan sampai sekarang malah salah satu nama dari peserta cewek di pelatihan itu yang bikin saya galau setiap hari. Oke. Itu bisa dibahas dan pernah dibahas di lain waktu. Jangan dan Bukan disini.

Beberapa paragraf uneg-uneg tak jelas ini sudah saatnya saya tutup. Bukan hanya karena saya mulai kehabisan bahan, tapi juga karena adzan maghrib tak lama lagi akan berkumandang. Dan itu tidak baik didengar jika kita masih melakukan aktifitas di luar rumah. Tenang, itu bukan fatwa dari ulama manapun, bukan pula dari Mario Teguh, itu hanya kebijakan falsafah pribadi saya.

Sekian.

Tidak ada komentar:

 

Popular Posts

Tags

Akun (1) blegok (6) Catatan luka (36) DerapLangkah (11) gemes (1) Giyatta (7) Giyatta!! (3) HujanDeras (9) IN-g-AT (13) Kacau (31) KAYLA (3) LucuB (5) Mimpi (8) Minat n pengen (11) Naskah (7) Pesan (5) Puisi (4) salute (5) Sejuta hidup Sehari (45) Serius dikit (11) Shadowlight (16) SuPistik (6) tapi gak bakat (4) Ups (5) Wisata (7)

Ketikkan Saja